Setiap kali kata 'Tik Tok' diucapkan dengan lantang, satu hal yang selalu muncul di benak kita adalah konten. Tik Tok telah mengubah cara pemasaran merek atau produk di dunia saat ini. Dengan lebih dari 689 juta pengguna aktif saat ini, Tik Tok memimpin dalam hal keterlibatan dibandingkan dengan platform digital lainnya.
![]() |
credit by pixabay |
Apa itu Tik Tok dan mengapa begitu populer?
Tik Tok telah menjadi pusat daya tarik bagi para influencer. Tapi bagaimana itu menjadi begitu populer?
Sama seperti aplikasi lainnya, Tik Tok juga berjuang di pasar pada awalnya. Diluncurkan sebagai musical.ly pada tahun 2014, ia gagal meninggalkan jejak di antara penonton. Namun setelah 2016 ketika sedang menjadi pembicaraan di kota, sebuah perusahaan Cina bernama Bytedance meluncurkan versi terbaru dari musical.ly dan menyebutnya Tik Tok.
Yah, Tik Tok tahu tidak ada hambatan yang menghentikan siapa pun untuk berkreasi dan menikmati konten.
Anak-anak usia 13 hingga orang tua, siapa pun dapat memposting dan menikmati platform yang luar biasa ini.
Tik Tok Marketing
Kompetensi minimal antara bisnis dan produk untuk memenuhi sebagian besar audiens adalah yang menginspirasi Pemasaran Tik Tok. Jika Anda memilih cara yang benar, Anda dapat melihat pertumbuhan produk Anda saat itu juga.
Untuk platform apa pun yang akan digunakan untuk pemasaran, dua hal paling penting: konten dan keterlibatan. Tik Tok telah menyediakan platform substansial bagi merek dan influencer untuk mempromosikan dan memamerkan produk dan layanan mereka.
Bagaimana melakukan pemasaran di Tik Tok
Perlu ada strategi yang jelas tentang bagaimana Anda akan mempromosikan merek Anda di platform ini. Ada beberapa cara untuk melakukannya. Banyak merek memilih untuk mempekerjakan influencer untuk mempromosikan merek di saluran mereka sedangkan beberapa merek memposting konten asli mereka di platform ini.
Beberapa cara untuk mempromosikan merek Anda di Tik Tok adalah:
Buat Konten Asli
Orisinalitas dihormati di mana-mana. Jika Anda ingin mengembangkan pasar Anda di Tik Tok, membuat konten asli sangat penting.
Ikuti Tren:
Ada banyak tren yang sedang berlangsung di Tik Tok yang dapat Anda ikuti. Jika Anda mengikuti tren ini dan menjaga tren di sekitar produk Anda, kesuksesan dapat dijamin.
Buat tren:
Jangan selalu mengikuti tren, ciptakan juga. Jika Anda memulai tren di platform ini, banyak influencer dan pembuat konten di hub ini akan mulai mengikuti. Ini akan membawa keterlibatan ke konten Anda dan membuat saluran Anda berkembang.
Berkolaborasi dengan Kreator:
Jika Anda menggali ke dalam platform ini, Anda akan menemukan banyak pembuat konten dengan konten yang luar biasa. Anda sebagai pemilik merek selalu dapat bekerja dengan orang-orang ini untuk membuat konten yang bagus untuk produk Anda. Anda dapat menyusun strategi tentang apa yang diinginkan audiens dan memberi mereka itu.
Kenapa Tik Tok?
Tik Tok saat ini adalah platform media sosial dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Tik Tok memiliki banyak keunggulan dibandingkan platform lain. Beberapa dari mereka adalah:
Tik Tok menyediakan UI (User-Interface) yang mudah dan sederhana.
Isinya dari niche yang berbeda. Anda tidak akan pernah bisa mengharapkan apa yang akan Anda lihat selanjutnya di Halaman Untuk Anda.
Videonya pendek dan kreatif dibandingkan dengan platform lain.
Algoritme Tik Tok mendukung pembuat konten kecil jika kontennya terbaik.
Iklan di Tik Tok
Tik Tok memberi Anda fitur menjalankan iklan Anda. Ada berbagai jenis iklan di Tik Tok seperti:
Iklan dalam Umpan
Iklan video
Iklan gambar
Percikan iklan
Iklan Pangle
iklan korsel
Anda dapat menargetkan iklan berdasarkan banyak parameter seperti usia, jenis kelamin, geografi, dll. Ini akan membantu mendapatkan hasil yang lebih tepat.
Peran Tik Tok dalam Pemasaran Influencer
Kita semua terpengaruh oleh apa yang kita lihat di media sosial. Adalah salah satu sifat manusia untuk dipengaruhi oleh apa yang kita lihat. Influencer Marketing sudah menjadi hal besar di Facebook dan Instagram. Dilaporkan oleh Adweek bahwa pasar di Instagram ini sendiri telah mencapai nilai pasar $ 10 miliar.
Influencer membantu Anda mengembangkan bisnis Anda tetapi tidak selalu seperti itu. Ada berbagai kasus di mana influencer telah melakukan hal-hal yang membuat marah penonton. Kasus seperti komentar PewDiePie tentang rasisme yang mengarah pada pembatalan kontrak dengan Walt Disney, posting Logan Paul tentang orang mati di Hutan bunuh diri Jepang dalam vlognya adalah beberapa contoh yang menonjol.
Komentar
Posting Komentar